Resep dan Cara Membuat Kue Sosis Solo

Resep dan Cara Membuat Kue Sosis Solo

Resep dan Cara Membuat Kue Sosis Solo
Kue Sosis Solo -  Sesuai namanya, sosis solo ini berasal dari Solo, Jawa Tengah. Sosis solo ini beda dengan sosis-sosis lainnya. Sosis solo terbuat dari kulit dadar yang digulung dan di dalamnya ditambahkan dengan isi daging ayam yang tentunya sudah diolah lembut dengan bumbu yang enak juga.

Sosis solo ini merupakan jajanan khas yang sering juga kita temui di jajanan tradisional. Kali ini, saya akan berbagi resep cara membuat sosis solo isi daging ayam yang enak dan tentunya sangat mudah untuk dicoba dan dipraktekkan di rumah.

Walau sama-sama bernama sosis, jajanan yang satu ini tidak seperti sosis yang kita kenal pada umumnya.  Konon pada jaman pendudukan V.O.C (Vereenigde Oostindische Compagnie), sosis sapi ala kuliner barat adalah kudapan kegemaran noni-noni Belanda saat minum teh di sore hari. Melihat kebiasaan ini, warga Solo pun tergiur untuk mencoba makanan baru tersebut.

Warga Solo pun akhirnya mencoba membuat versi sosis mereka sendiri. Setelah berbagai percobaan, akhirnya mereka pun membuat sebuah kue dadar tipis yang diisikan dengan campuran daging ayam /sapi cincang lalu digulung dengan bentuk lonjong menyerupai sosis ala barat.

Kini, kudapan tersebut adalah salah satu jajanan pasar khas kota Solo. Tekstur lembut kue dadar yang berpadu dengan daging berbumbu pun akhirnya sukses menjadikan kudapan ini digemari. Menarik ya Fans Boga. Mau coba bikin? Ini resepnya!

Bahan :
Isi :
1 sdm margarin untuk menumis
2 siung bawang merah yang dihaluskan
1 siung bawang putih yang dihaluskan
300 gr daging ayam giling (bisa diganti dengan daging sapi) 
1/2 sdt merica
1 sdt gula pasir
1 sdt garam
1 sdm kaldu ayam bubuk
100 ml santan kental

Kulit :300 g tepung terigu Segitiga Biru
4 butir telur ayam
30 g margarine yang telah dicairkan
1 sdm gula pasir
400 ml santan cair

Cara Membuat:
Isi :

1. Tumis bawang putih hingga harum, kemudian tambahkan bawang merah dan ayam giling.
2. Bumbui campuran ayam giling dengan merica, gula pasir, garam, kaldu bubuk dan santan. Kemudian masak hingga matang dan santan mengering.
3. Angkat lalu sisihkan

Kulit:
  1. Dalam wadah, campur terigu, gula, dan telur kemudian aduk hingga rata.
  2. Setelah selesai, tambahkan santan cair ke dalam adonan lalu aduk kembali hingga benar-benar halus.
  3. Setelah adonan halus, tambahkan mentega cair dan aduk kembali hingga rata.
  4. Panaskan wajan anti lengket dan tuangkan adonan di tengah wajan. Segera ratakan adonan hingga tipis menutupi permukaan wajan.
  5. Masak selama 1-2 menit, atau ketika adonan sudah tidak melekat di dasar wajan 
  6. Ulangi proses nomor 1-5 hingga adonan kulit habis.

Sosis Solo:
  1. Ambil selembar kulit adonan lalu isi dengan campuran daging di tengahnya.
  2. Gulung kulit adonan dengan bentuk melonjong hingga isian pun jadi terbungkus rapat.
  3. Panaskan minyak di wajan dengan api sedang dan dalam jumlah yang cukup untuk bisa merendam adonan Sosis Solo.
  4. Goreng selama 2-3 menit atau hingga kulit luarnya kuning kecokelatan.
  5. Tiriskan hingga kering dan sajikan selagi masih hangat.
  6. Ulangi proses memasak hingga isi campuran daging dan kulit habis.
Bagaimana, mudah sekali bukan? Sosis solo ini cocok menjadi camilan jajanan untuk keluarga dan makin nikmati jika kalian sajikan dengan tambahan cabai rawit. Demikian Resep Cara Membuat Kue Sosis Solo. Selamat mencoba dan selamat memasak.

Pemesanan KUE SOSIS SOLO SURABAYA :
Jika Anda sibuk, tak sempat membuat sendiri Kue Sosis Solo | Kue Sosis Solo Surabaya, bisa pesan kepada kami. Sudah tentu kami senang melayani Anda.
Pemesanan minimal adalah 100 biji Kue Sosis Solo Surabaya, dengan harga @ Rp 2.500,-. Pemesanan bisa kami layani paling lambat adalah H-2, dengan menyerahkan DP 60 % dari harga total. Pemesanan bisa bersamaan dengan kue basah surabaya yang lain dengan harga seperti pada DAFTAR HARGA KUE BASAH yang ada di blog kami ini.


Contact : Pak Taufiq | Call Only : 031-7062.7062 | SMS Only : 085631.44.665


Silahkan lihat produk kue kami yang lain disini

Related Post
RAINBOW CAKE
KUE SUS FLA
Read More »

Resep dan Cara Membuat Tahu Fantasi

Resep dan Cara Membuat Tahu Fantasi

Resep dan Cara Membuat Tahu Fantasi
NasiKotakSurabaya.Com
Tahu berasal dari endapan perasan kacang kedelai yang sudah difermentasikan, dan makanan tahu ini adalah salah satu makanan favorit terutama masyarakat Indonesia. Banyak diantara makanan yang menjadi dasar bahan makanan tahu ini diantaranya cara membuat perkedel, kerupuk tahu dan masih banyak yang lainnya. Namun yang sering terjadi adalah kebanyakan orang mengkonsumsi tahu ini hanya dengan cara yang mudah yaitu dengan cara digoreng. Mungkin saja dengan cara digoreng lebih mudah dan cepat. Namun apa jadinya apabila bahan dasar tahu ini dalam cara pengolahannya lebih berwarna dan lebih dahsyat rasanya, ditambah dengan bahan lainnya seperti bihun. .

Resep Cara Membuat Tahu Fantasy Bihun Enak
Tahu Fantasy ini merupakan cemilan atau juga bisa digunakan untuk lauk pauk. Tahu fantasy ini cara pembuatannya sangat mudah dan bahan utamanya adalah tahu putih dan bihun, untuk bihun bisa menggunakan bihun jagung. Tahu fantasy ini juga sangat pas dihidangkan dengan es manado yang super segar dan enak. Semoga resep yang kami berikan dapat bermanfaat untuk kita semua.

TAHU FANTASI SURABAYA | TAHU FANTASI

Bahan :

    telur ayam (dikocok) 2 butir
    tahu 4 potong 300 gr (dihaluskan)
    wortel 75 gr (potong seperti dadu)
    bihun kering 50 gr (rendam)
    daun bawang 1 sdm (iris halus)
    merica bubuk 1/2 sdt
    kaldu ayam bubuk 1 sdt
    garam 1 sdt
    minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu :
    bawang putih 3 siung
    bawang merah 2 butir

Bahan pelapis :
    telur ayam 1 butir (dikocok lepas)


Cara Membuat Tahu Fantasi Surabaya :
  • Haluskan : bawang merah, bawang putih, garam dan merica.
  • Tumis bawang bombay dan daging cincang
  • Remas-remas tahu sampai halus, lalu masukkan bumbu halus, daging cincang dan sayuran.
  • Masukkan telur yang sudah di kocok lepas lalu terakhir masukkan bihun
  • Siapkan loyang dua brownies ukuran 20x10x4cm lalu alasi dengan lembaran alufoil
  • Panaskan kukusan dengan api sedang
  • Masukkan adonan ke loyang lalu ratakan dan tekan-tekan. Masukkan loyang ke dandang selama kurleb 15 menit sampai matang
  • Keluarkan loyang, dinginkan dan masukkan ke freezer sampai bisa dipotong.
  • Potong-potong tahu. kalau potongan besar bisa 10 potong untuk satu loyangm kalo mau lebih banyak potong kecil-kecil bisa sampai 12-14 potong, potong sesuai selera.
  • Gulingkan tahu ke tepung terigu
  • Lalu celupkan ke dalam putih telur, sesaat sebelum digoreng
  • Digoreng dengan tidak memakai terlalu banyak minyak, bolak-balik sampai merata matangnya.
  • Angkat dan sajikan selagi hangat.

Pemesanan TAHU FANTASI SURABAYA :
Jika Anda sibuk, tak sempat membuat sendiri TAHU FANTASI | TAHU FANTASI Surabaya, bisa pesan kepada kami. Sudah tentu kami senang melayani Anda.
Pemesanan minimal adalah 100 biji Tahu Fantasi Surabaya, dengan harga @ Rp 2.000,-. Pemesanan bisa kami layani paling lambat adalah H-2, dengan menyerahkan DP 60 % dari harga total. Pemesanan bisa bersamaan dengan kue basah surabaya yang lain dengan harga seperti pada DAFTAR HARGA KUE BASAH yang ada di blog kami ini.


Contact : Pak Taufiq | Call Only : 031-7062.7062 | SMS Only : 085631.44.665


Silahkan lihat produk kue kami yang lain disini

Related Post
TAHU ISI
TAHU BOLA
Read More »

Resep dan Cara Membuat Kue Waffle

Resep dan Cara Membuat Kue Waffle

Resep dan Cara Membuat Kue Waffle

NasiKotakSurabaya.Com  -  Ada lagi nih yang enak dan lezat. Sesuai dengan namanya waffle yang enak manis yang sangat terkenal. Waffle merupakan salah satu sajian kuliner khas nasional maupun international yang di sajikan dengan unik dan kadang bisa diberi tambahan selai yang manis dan lezat. Dengan kelezatannya yang ada pada kue ini sekarang mampu melesat di suluruh dunia. Apa yang membuat kue ini sangat terkenal sampai didunia? Cari tahu penyebabnya dan memang kue ini bisa disajikan secara serba bisa. Bisa ditambahkan selai kacang halus, coklat maupun selai strobery yang manis dan lezat atau juga bisa disajikan dengan cara diberi madu dan krispy, mayonais lalu ditaburi dengan blueberry maupun keju.

Dengan adanya bahan yang bisa di campurkan serba bisa tentunya anda pasti tahu gimana lezatnya waffle ini. Waffle ini sekarang bisa kita jumpai di berbagai pasar rakyat aneka jajan di kios-kios atau bisa kita jumpai di resto khusus yang juga menyajikan kue waffle tersebut. Nah sekarng waffle sudah tak sulit lagi kaya dulu untuk kita jumpai karena sekarang makanan jenis ke siap saji ini sudah terkenal menyebarluas di seluruh dunia. Adapun cara pembuatannya tidaklah sulit, hanya kita harus agak sabar dikit menunggunya. Dan setidaknya masakan kue ini cocok buat kita yang lagi santai dirumah bersama keluarga. Waffle juga sangat cocok untuk kita sajikan pada tamu yang datang sebagai pengganti lapar. Nah buat anda yang lagi ngebet banget ingin tahu cara buatnya. Kali ini kami akan bahas tentang Resep Cara Membuat Crispy Waffle Spesial Lezat, simak berikut ini:

Resep dan Cara Membuat Kue Waffle Spesial
Wafel adalah salah satu kue yang mudah membuatnya dan tidak perlu bahan mahal. Kue yang lembut dan praktis ini bisa menggunakan bahan sederhana yang ada di dapur Anda. Mari praktikkan resep wafel yang empuk dan enak ini.

Bahan Pengembang:
  • 75 gram tepung terigu
  • 1/2 sdm ragi instan
  • 75 ml air hangat

Bahan:
  • 4 butir kuning telur
  • 3 butir putih telur
  • 150 gram gula pasir
  • 125 gram tepung terigu
  • 1/2 sdm margarin, dilelehkan
  • 1/4 sdt garam
  • 200 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara Membuat:
  1. Campur semua adonan biang hingga rata. Diamkan 30 menit.
  2. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang, sisihkan.
  3. Campur adonan biang, tepung terigu, margarin dan garam, aduk hingga rata.
  4. Tuangkan santan sedikit-demi sedikit, aduk rata.
  5. Tuangkan kocokan telur, aduk rata.
  6. Diamkan adonan hingga 2 jam.
  7. Panaskan cetakan wafel, oles dengan margarin tipis.
  8. Tuang adonan hingga 3/4 bagian cetakan.
  9. Biarkan setengah matang. Baling cetakan dan tunggu hingga wafel matang.
  10. Sajikan wafel selagi hangat dengan topping selai cokelat atau taburan keju parut.

Pemesanan KUE WAFFLE MINI SURABAYA :
Jika Anda sibuk, tak sempat membuat sendiri Kue Waffle Mini | Kue Waffle Mini Surabaya, bisa pesan kepada kami. Sudah tentu kami senang melayani Anda.
Pemesanan minimal adalah 100 biji Kue Waffle Mini Surabaya, dengan harga @ Rp 2.500,-. Pemesanan bisa kami layani paling lambat adalah H-2, dengan menyerahkan DP 60 % dari harga total. Pemesanan bisa bersamaan dengan kue basah surabaya yang lain dengan harga seperti pada DAFTAR HARGA KUE BASAH yang ada di blog kami ini.


Contact : Pak Taufiq | Call Only : 031-7062.7062 | SMS Only : 085631.44.665


Silahkan lihat produk kue kami yang lain disini

Related Post
KUE WINGKO
KUE PASTEL MIE
Read More »

Resep dan Cara Membuat Kue Wingko

Resep dan Cara Membuat Kue Wingko

Resep dan Cara Membuat Kue Wingko
Wingko atau sering disebut juga Wingko babat adalah makanan tradisional khas Indonesia. Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa dan bahan-bahan lainnya. Wingko sangatlah terkenal di pantai utara pulau Jawa. Kue ini sering dijual di stasiun kereta api, stasiun bus atau juga di toko-toko kue. Di pulau Jawa, Wingko juga sering menjadi oleh-oleh untuk keluarga, yang menjadikan kue ini terkenal.

Wingko biasanya berbentuk bundar dan agak keras serta biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko dapat dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat. Harga kue ini dapat bervariasi tergantung tempat menjualnya dan merek wingko ini.

Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang. Ini menyebabkan banyak orang yang mengira bahwa wingko juga berasal dari kota ini. Meskipun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Babat. Ini adalah daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Babat terletak di dekat Bojonegoro, Jawa Timur yang terkenal akan kayunya dan karena baru saja ditemukan sumber minyak di daerah ini.

Di Babat, yang merupakan kota kecil dibandingkan dengan Semarang, Wingko memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah ini. Ada banyak perusahaan penghasil wingko yang memperkerjakan banyak orang. Kelapa yang digunakan untuk bahan wingko ini diambil dari daerah-daerah sekitar tempat ini.

Saat ini wingko adalah makanan yang terkenal di Babat dan Semarang dengan berbeda merek dan besar yang dijual. Banyak Wingko yang saat ini masih menggunakan nama Tionghoa.

kalau anda memang penggemar kue ini, ada dua macam jenis Wingko yang cukup terkenal, yaitu Resep Wingko Babat Semarang dan Wingko Babat Lamongan Resep. Tetapi sebenarnya kedua resep tersebut mempunyai bahan bahan dan cara membuatnya yang bisa dibilang hampir sama. Hasil jadi kue versi Semarang dan versi Lamongan pun mirip dan serupa.

Kue asli Indonesia yang berasal dari campuran tepung ketan, tepung kanji dan parutan kelapa ini memang enak dan mempunya cita rasa yang khas sehingga banyak penggemarnya. Dengan bentuk yang lumayan kecil dan rasa yang legit, Wingko Babat merupakan salah satu oleh oleh yang cukup terkenal di kota Semarang. Rasanya kurang pas kalau berkunjung atau melewati ibukota Propinsi Jawa Tengah tanpa mencicipi kue ini. Oleh karena itu, buat teman teman yang kangen dengan kue ini, kami ajak untuk membuat resep Wingko Babat Semarang sendiri di rumah.

Bahan bahan Resep Wingko Babat Asli Semarang
  • 500 gram Tepung Ketan yang sudah di ayak halus.
  • 350 gram Gula Pasir Putih, jangan gunakan gula pasir yang berwarna kekuningan karena jenis gula ini masih memiliki aroma tebu yang cukup kuat.
  • Tepung Kanji atau tepung tapioka sebanyak 50 gram.
  • Satu butir Kelapa yang cukup tua diparut dan diambil santan kentalnya sekitar seperempat liter.
  • parutan kelapa muda sebanyak kurang lebih 350 gram.
  • 1 pcs daun pandan segar (dibentuk simpul waktu memasaknya nanti).
  • 1 sendok besar atau sendok makan margarin.
  • Setengah sendok kecil atau sendok teh garam dapur halus beryodium.
  • Setengah sendok teh vanili (bisa memakai yang model bubuk atau pasta)
  • Bahan untuk olesan berupa 1-2 butir kuning telur di campur dengan setengah sendok makan margarin.
  • Kertas minyak atau daun pisang untuk alasnya nanti.
Cara membuat Resep Wingko Babat Enak
  • Ambil satu panci untuk merebus 250 ml santan kental, setengah garam dapur dan 350 gram gula pasirnya. Aduk semua bahan sampai mendidih.
  • Masukkan daun pandannya. Aduk lagi sampai semua bahan sedikit emngumpal dan agak kental.
  • Ambil satu wadah yang ukurannya cukup besar untuk adonan utama. Masukkan 500 gram tepung ketan, tepung kanji, bubuk vanili, margarin dan 350 gram kelapa parutnya. Campur semua bahan sampai rata.
  • Masukkan sedikit demi sedikit santan dari langkah pertama sambil tetap di aduk. Ulangi sampai santan habis dan adonan sedikit berminyak dan kalis.
  • Ambil loyang yang akan dipakai untuk cetakan Kue Wingko Kelapanya. Alasi terlebih dahulu dengan daun pisang atau kertas minyak yang sudah disiapkan. Ratakan adonan supaya hasilnya nanti bagus.
  • Panaskan oven sampa mencapai suhu 160-170 derajat. Masukkan loyang adonan kedalamnya sampai setengah matang. Olesi kue setengah matang dengan bahan olesannya dan panggang lagi sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan.
Setelah matang, angkat dan tunggu Wingko Babatnya dingin terlebih dahulu sebelum dipotong. Anda bisa memotongnya dengan bentuk bundar, persege empat atau bentuk apa saja sesuai dengan kreasi anda sendiri. Bagaimana menurut teman teman cara membuat Resep Wingko Babat di atas? Cukup mudah dan tidak terlalu ribet kan, bahkan untuk orang awam yang tidak hobi memasakpun pasti dengan mudah membuat resep ini

Pemesanan KUE WINGKO SURABAYA :
Jika Anda sibuk, tak sempat membuat sendiri Kue Wingko | Kue Wingko Surabaya, bisa pesan kepada kami. Sudah tentu kami senang melayani Anda.
Pemesanan minimal adalah 100 biji Kue Wingko Surabaya, dengan harga @ Rp 2.500,-. Pemesanan bisa kami layani paling lambat adalah H-2, dengan menyerahkan DP 60 % dari harga total. Pemesanan bisa bersamaan dengan kue basah surabaya yang lain dengan harga seperti pada DAFTAR HARGA KUE BASAH yang ada di blog kami ini.


Contact : Pak Taufiq | Call Only : 031-7062.7062 | SMS Only : 085631.44.665


Silahkan lihat produk kue kami yang lain disini

Related Post
TAHU BOLA
KUE WAFFLE MINI
Read More »

Jual Lapis Legit Surabaya

Jual Lapis Legit Surabaya

Jual Lapis Legit Surabaya | 0821 390 63541
Spiku | Lapis legit yang sangat terkenal lezatnya adalah Spiku atau lapis legit Surabaya. Banyak pendatang dari berbagai kota luar Surabaya, jika bertandang ke Surabaya biasanya berburu kue spiku ini. Merek bilang Spiku Surabaya atau lapis legit surabaya. Oleh karena itu, kami team nasi kotak surabaya yang juga menjual kue basah surabaya, tertarik untuk bisa melayani kebutuhan para konsumen yang sedang bertandang ke Surabaya akan spiku atau lapis legit ini. Bahkan kami siap mengirim pesanan dengan cepat ke seluruh negeri Indonesia.
Tempat Jual Lapis Legit Surabaya
Tempat Jual Lapis Legit Surabaya

Spekkoek atau Spiku atau lapis legit adalah sejenis kue yang terbuat dari adonan tepung dan telur. Umumnya, spekkoek berwarna kuning dan coklat. Spikoek dapat dihias dan dihidangkan sebagai kue tart untuk acara-acara tertentu.

Ingin tahu bagaimana Resep dan cara membuat Lapis Legit Spesial Surabaya? simak baik-baik ya uraian di bawah ini :

Bahan  Lapis Legit Surabaya:
  • 700 gr butter (lebih baik menggunakan butter kalengan)
  • 900 gr kuning telur (kurang lebih dari 60 butir )
  • 430 gr gula halus
  • 50 gr susu bubuk full cream
  • 60 gr terigu
  • 3 sdm susu kental manis
  • 1 sdt bumbu spekoek
  • 1 gr garam
  • 1 sdt vanilla essence (Flavour) — aku tidak pakai
  • 2 sdt pewarna kuning (egg colour yellow) – tidak pakai
  • Kenari/almond slice (untuk taburan) — tidak pakai

Cara Membuat Lapis Legit | Spiku | Spekkoek Spesial Surabaya :
  1. Campur butter dengan garam, kocok dengan kecepatan sedang, lalu tambahkan susu kental manis, kocok sampai kental, sisihkan. Di tempat terpisah, kocok kuning telur dan gula halus sampai adonan kental dan mengembang, sisihkan. Di tempat lain, campur semua bahan kering (terigu, spekuk dan susu bubuk).
  2. Setelah itu campur kocokan kuning telur ke kocokan butter, secara bertahap dan berselang-seling dengan memasukkan bahan kering. Kocok rata dengan mixer kecepatan rendah.
  3. Siapkan loyang 20x20x7cm (kalau pakai setengah resep) atau loyang 22x22x8cm (kalau satu resep). Loyang dialasi kertas roti dan dioles mentega tipis-tipis.
  4. Gunakan satu sendok untuk memasukkan adonan. Aku biasanya menggunakan cup pengukur (measurement cup) ukuran 1/4 cup untuk tiap lapisnya.
  5. Untuk 2-3 lapis pertama, hidupkan api atas dan bawah (ini kalau pakai oven listrik kayak punyaku ya). Karena oven listrikku itu panasnya kurang rata, sehingga ketika memanggang lapisan pertama tanpa menghidupkan api atas, niscaya permukaannya tak kunjung mengering.
  6. Setelah 3 lapis, matikan api bawah dan teruskan perjuanganmu (hihihi) memanggang selapis demi selapis adonan lapis legit sampai habis semua adonannya. Setelah habis, hidupkan api bawah dan panggang lagi selama 10 menit. Ohya, kalau permukaan lapis legitnya sudah mengering di tahap ini, tutupi dengan aluminium foil ya, supaya tidak gosong.
Tempat Jual Lapis Legit Surabaya :
Jika Anda sibuk, tak sempat membuat sendiri Lapis Legit | Lapis Legit Spesial Surabaya, bisa pesan kepada kami. Sudah tentu kami senang melayani Anda.
Pemesanan bisa bersamaan dengan kue basah surabaya yang lain dengan harga seperti pada DAFTAR HARGA KUE BASAH yang ada di blog kami ini.

Contact : Pak Taufiq | Call Only : 031-7062.7062 | SMS Only : 085631.44.665         
 

Related Post
Aqiqah/Aqiqoh Surabaya
Catering Prasmanan Pernikahan
Read More »

Resep Kue Naga Sari

KUE BRUBI | KUE NAGASARI SURABAYA
Resep Kue Naga Sari
Kue Brubi (Nagasari) Surabaya
Read More »

Paket Aqiqah Surabaya

Paket Aqiqah Surabaya

Paket Aqiqah Surabaya
Paket Aqiqah Surabaya

NasiKotakSurabaya.Com
Menurut bahasa ‘Aqiqah artinya : memotong. Asalnya dinamakan ‘Aqiqah, karena dipotongnya leher binatang dengan penyembelihan itu. Ada yang mengatakan bahwa aqiqah adalah nama bagi hewan yang disembelih, dinamakan demikian karena lehernya dipotong Ada pula yang mengatakan bahwa ‘aqiqah itu asalnya ialah : Rambut yang terdapat pada kepala si bayi ketika ia keluar dari rahim ibu, rambut ini disebut ‘aqiqah, karena ia mesti dicukur.

Aqiqah adalah penyembelihan domba/kambing untuk bayi yang dilahirkan pada hari ke 7, 14, atau 21. Jumlahnya 2 ekor untuk bayi laki-laki dan 1 ekor untuk bayi perempuan.

Dari Samurah bin Jundab dia berkata : Rasulullah bersabda : “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” [HR Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad]

Dari Aisyah dia berkata : Rasulullah bersabda : “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing.” [HR Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah]

Namun demikian, apabila terlewat dan tidak bisa dilaksanakan pada hari ketujuh, ia bisa dilaksanakan pada hari ke-14. Dan jika tidak juga, maka pada hari ke-21 atau kapan saja ia mampu. Imam Malik berkata : Pada dzohirnya bahwa keterikatannya pada hari ke 7 (tujuh) atas dasar anjuran, maka sekiranya menyembelih pada hari ke 4 (empat) ke 8 (delapan), ke 10 (sepuluh) atau setelahnya Aqiqah itu telah cukup. Karena prinsip ajaran Islam adalah memudahkan bukan menyulitkan sebagaimana firman Allah SWT: “Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu”. (QS.Al Baqarah:185)

Pelaksanaan aqiqah disunnahkan pada hari yang ketujuh dari kelahiran, ini berdasarkan sabda Nabi SAW, yang artinya: “Setiap anak itu tergadai dengan hewan aqiqahnya, disembelih darinya pada hari ke tujuh, dan dia dicukur, dan diberi nama.” (HR: Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan, dan dishahihkan oleh At Tirmidzi)

Dan bila tidak bisa melaksanakannya pada hari ketujuh, maka bisa dilaksanakan pada hari ke empat belas, dan bila tidak bisa, maka pada hari ke dua puluh satu, ini berdasarkan hadits Abdullah Ibnu Buraidah dari ayahnya dari Nabi Shallallaahu alaihi wa Sallam, beliau berkata yang artinya: “Hewan aqiqah itu disembelih pada hari ketujuh, ke empat belas, dan ke dua puluh satu.” (Hadits hasan riwayat Al Baihaqiy)

Namun setelah tiga minggu masih tidak mampu maka kapan saja pelaksanaannya di kala sudah mampu, karena pelaksanaan pada hari-hari ke tujuh, ke empat belas dan ke dua puluh satu adalah sifatnya sunnah dan paling utama bukan wajib. Dan boleh juga melaksanakannya sebelum hari ke tujuh.

Bayi yang meninggal dunia sebelum hari ketujuh disunnahkan juga untuk disembelihkan aqiqahnya, bahkan meskipun bayi yang keguguran dengan syarat sudah berusia empat bulan di dalam kandungan ibunya.

Aqiqah adalah syari’at yang ditekan kepada ayah si bayi. Namun bila seseorang yang belum di sembelihkan hewan aqiqah oleh orang tuanya hingga ia besar, maka dia bisa menyembelih aqiqah dari dirinya sendiri, Syaikh Shalih Al Fauzan berkata: Dan bila tidak diaqiqahi oleh ayahnya kemudian dia mengaqiqahi dirinya sendiri maka hal itu tidak apa-apa menurut saya, wallahu ‘Alam.

Harga Jasa Paket Aqiqah Murah Surabaya

Nasi Kotak Surabaya melayani pemesanan aqiqoh untuk wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Insya Allah kami berikan harga terbaik untuk Surabaya dan Sidoarjo, silahkan pilih harga menurut selera dan kemampuan Anda di bawah ini :

Harga Per Ekor  sebagai berikut:
No. Paket
  Harga Masak   Sate Gule
 1. Platinum
 2.000.000 550 tusuk 180 porsi
 2. Istimewa
 1.650.000 450 tusuk  140 porsi
 3.  Super
 1.200.000 300 tusuk  100 porsi
 4.  Puas
 1.100.000 250 tusuk  80 porsi
 5.  Tasyakuran
 800.000 150 tusuk  30 porsi

Kami membantu keluarga muslim untuk beraqiqah sesuai syariah. Beraqiqah sekali seumur hidup, laksanakan dengan sempurna. Hubungi kami segera....
Sampaikan pada saudara dan kerabat Anda :
Nasi Kotak Surabaya 
Call  : 031.7062-7062 
SMS : 0821.390.63541 
Tengok juga Daftar Harga Nasi Kotak Surabaya


Related Post
Daftar Harga Jajan Pasar
Daftar Harga Nasi Kotak Surabaya
Read More »

Resep Bawang Goreng yang Renyah

Resep Bawang Goreng yang Renyah

Resep Bawang Goreng yang Renyah
Bawang merah selain merupakan tumbuhan yang bisa diolah menjadi produk kesehatan semacam kapsul bawang, bawang merah juga bisa disajikan sebagai pelengkap menu masakan kita dengan digoreng menggunakan bumbu yang lezat dan renyah.

Bawang goreng memang tidak dapat dianggap sepele sebagai salah satu pelengkap masakan Anda. Hadirnya bawang goreng sebagai pelengkap masakan akan membuat rasa masakan menjadi lebih sedap dan gurih, selain itu aroma bawang goreng yang sangat harum juga dapat menambah selera makan. Bila dilihat sepintas, membuat bawang goreng kelihatan mudah, hanya mengiris tipis bawang untuk kemudian digoreng. Namun ternyata tidak semudah yang kita kira, karena kebanyakan hasil yang didapat tidak seperti yang kita inginkan. Tidak jarang bawang goreng yang kita buat tidak renyah, lembek dan basah serta berminyak.

Lantas bagaimana cara membuat bawang goreng agar renyah dan garing, yuk kita simak cara membuat bawang goreng seperti dilansir Resep Menu Sehat dibawah ini :

1. Pilih bawang yang berkualitas
Pilihlah bawang merah yang masih segar dengan kulit bawang yang kering. Mengenai ukuran, akan lebih bagus memilih bawang merah yang berukuran besar. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan dalam proses pemotongannya, karena bawang goreng harus diiris tipis.

2. Iris tipis
Bila pada awalnya Anda mengiris tipis bawang menggunakan pisau, maka potongan yang dihasilkan tidak merata. Hal ini akan berpengaruh pada saat proses menggoreng. Jadi disarankan lebih baik menggunakan alat pemotong bawang agar hasil potongannya merata dan hasil bawang setelah digoreng pun bisa merata dan bagus.

3. Taburkan garam dan maizena
Setelah bawang merah diiris tipis, tambahkan garam sesuai selera lalu aduk rata dan diamkan sebentar. Setelah itu taburi tepung maizena, untuk 1 kg bawang goreng, taburi tepung maizena 1 sendok makan, aduk rata lalu diamkan lagi sebentar. Maizena dan garam membuat bawang goreng menjadi renyah.

4. Masak dengan api kecil
Pada waktu proses pemasakan, gunakan banyak minyak dan dengan api yang kecil, agar hasil gorengan tidak cepat gosong. Aduk semua bawang sampai matang merata hingga berwarna kekuningan, lalu angkat dan tiriskan hingga benar-benar kering. Satu  hal yang harus diingat, angkatlah bawang goreng ketika sudah berwarna kuning. Jangan menunggu sampai hasil gorengan tersebut berwarna cokelat. Panasnya minyak ketika bawang goreng tersebut ditiriskan akan membuat warna bawang berubah menjadi cokelat kehitaman dan menghasilkan rasa yang pahit.

5. Simpan dalam wadah kedap udara
Setelah matang, simpanlah bawang goreng pada wadah yang kedap udara, namun sebelum dimasukan kedalam toples, pastikan bawang goreng dalam keadaan dingin dan minyaknya sudah habis. Hal ini dilakukan agar menghasilkan bawang goreng yang renyah dan kering serta tahan lama.


Dapatkan Bawang Goreng dengan bumbu yang lezat dan siap saji dengan menghubungi :

Nasi Kotak Surabaya | 0821 390 63541
 
Related Post
Sambal Pecel Madiun Enak
Jual Sambal Pecel Madiun
Read More »

Resep Sambal Pecel Madiun

Resep Sambal Pecel Madiun

Resep Sambal Pecel Madiun
Kalau menyantap Bumbu Pecel Khas Madiun apa sih sebenarnya yg buat masyarakat ketagihan? Pecel kan semata-mata dicipta dalam sayuran yg direbus & disiram dengan bumbu kacang, apa istimewanya? Sebenarnya benar pecel merupakan sayuran yg direbus & disiram bumbu kacang, tapi ada salah 1 pecel yg rasanya paling lezat, lebih lagi bumbu kacangnya, adalah pecel madiun.
Pecel madiun telah terkenal kelezatan bumbunya. Bumbu pecel madiun itu pada umumnya memang sama dgn pecel lain, terbuat dalam kacan tanah. Tetapi bumbu pecel madiun diracik dengan bumbu khas asli madiun yg menambah kelezatannya.

Pecel merupakan makanan yang melimpah diminati oleh keseluruhan orang. Pecel ada di berbgai lokasi dengan ciri khas serta cita rasa masing-masing. Tetapi para penggemar pecel kini besar yang ingin merasakan kenikmatan pecel khas madiun. Pecel madiun sudah diwarisi semenjak jaman dahulu oleh penduduk madiun. Pecel madiun ini kebanyakan sama dengan pecel yang ada di kawasan lain, berbahan dasar sayuran, meskipun yang membedakannya ialah tambahan sambal pecel yang memperbanyak kelezatan pecel madiun.

Bumbu Pecel Khas Madiun kini sudah padat dijual pada kemasan siap saji. Perihal ini sebab peminat pecel madiun semakin tinggi dan ramai orang mulai membuka usaha melalui menjual sambal pecel madiun. Apabila bumbu pecel yang normal sih sudah biasa, tapi trik dengan sambal pecel madiun? Memang sedikit beda, pecel madiun disantap dengan sambal yang pedas, gurih serta lezat. Tidak kebayang kan bagaimana rasanya dech karena di racik dengan menggunakan bumbu bumbu spesial yang amat khas.


Resep sambal pecel yang paling enak adalah khas madiun dan hari ini dapat ibu2 temukan resepnya melalui blog sederhana ini. Kalau kemarin kita membuat beragam resep masakan serta minuman nah untuk hari ini kita sajikan yang sedikit kering bumbu sambel / sambal pecel.. hehe..

Resep Bumbu Sambal Pecel Khas Madiun
Resep Sambal Pecel


Sambal pecel buatan sendiri tentunya akan lebih enak karena kita dapat memilih bahan yang terbaik, khususnya kacang tanahnya termasuk tingkat kematangan pada saat menggorengnya. Resep sudah bagus, tapi pengerjaannya asal-asalan hasilnya juga kurang enak. Sama seperti sambal bawang (resepnya ada juga lho) ataupun yang lainnya, pengolahan semuanya diulek. Biar lebih enak langsung kita lihat resep plus cara membuat sambal pecel enak khas madium dilanjutkan cara penyajian nasi pecel

Bahan-bahan resepnya:

    ¼ Kilogram kacang tanah (berkulit), digoreng
    1 sendok makan air asam
    400 ml air hangat


Bumbu sambal pecel (dihaluskan):

    75 gram gula merah, sisir halus
    4 buah cabe keriting
    5 buah cabe rawit
    5 centimeter kencur
    5 siung bawang putih
    1 sendok teh terasi (opotional)
    ½ sendok makan garam
    5 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya


Cara membuat sambal pecel
  1. Langkah pertama kita siapkan dahulu bumbu halus, kemudian masukkan kacang tanah dan haluskan sampai lembut atau hampir lembut sesuai selera
  2. Tambahkan air asam jawa 1 sendok makan saja (perpaduan antara 1 sendok teh asam jawa - 2 sendok makan air), aduk rata
  3. Terakhir tambahkan air putih hangat, aduk lagi sampai merata
  4. Selesai sudah

Untuk menikmati nya hasil resep tersebut, kita perlu beberapa jenis sayuran rebus ataupun hanya diseduh air panas, diantaranya :

    Kacang panjang, potong2 –rebus
    Bayam, siangi – rebus
    Kol, iris kasar – rebus
    Tauge, baung akarnya – seduh


Cara menyajikan nasi pecel :

    Ambil sepiring nasi, tata sayuran diatasnya yang telah disiapkan
    Siram dengan bumbu pecelnya
    Siap dinikmati bersama rempeyek kacang


Nah itulah resepnya, kalau mau praktis dan cepat bisa membelinya di NasiKotakSurabaya.Com.
Ok selamat mencoba resep sambal pecel dan menikmati hasilnya.. makasih

Nasi Kotak Surabaya | 0821 390 63541

Related Post
Jual Bawang Goreng
Sambal Pecel Madiun
Read More »

Resep Tahu Isi Enak dan Gurih

 Resep Tahu Isi Enak dan Gurih

Aneka gorengan yang sangat digemari oleh para kuliner nusantara selain tempe mendoan adalah tahu isi bisa disebut juga dengan tahu susur. sebenarnya tahu atau tofu ini cara masaknya sangat mudah sekali bahan-baha pun banyak ditemukan dipasar. Rasa renyah yang dihasilkan oleh tahu goreng dengan tambahan ini sayur-sayuran didalamnya sangat menarik untuk dicoba, bisa juga diisi dengan daging atau ayam sesuai dengan selera anda. Selain isi yang lezat kulitnyapun mempunyai rasa tersendiri renyah dan kriuk-kriuk sehingga menambah kenikmatan tahu ini. Berikut ini kami berikan resep dan cara membuat tahu isi dengan lengkap.

Resep Tahu Isi Enak dan Gurih

Tahu goreng (Tahu Isi) merupakan olahan tahu yang sederhana, tetapi akan berbeda halnya dengan resep cara membuat tahu isi goreng sayuran spesial daging ayam berikut ini. Kombinasi enak dan gurihnya tahu bandung dengan isian daging ayam dan sayuran serta dipadukan dengan bumbu pedasnya akan menyajikan suatu suguhan hidangan yang istimewa. Penambahan bahan pelapis atau pencelup tahu isi akan membuatnya semakin renyah sehingga memberikan citarasa yang sangat lengkap. Di Bandung, kuliner ini populer dan dikenal dengan sebutan gehu (toge-tahu) pedas. Pemberian nama gehu pedas atau gehu hot jeletot sepertinya hanya bentuk penghargaan dari nilai-nilai sejarah, karena pada kenyataannya telah banyak berbagai varian bahan isi. Bahkan penggunaan toge sebagai bahan utama sudah jarang digunakan dalam beberapa resep gehu dan beberapa pengusaha gorengan berlabelkan gehu pedas. Kembali ke resep dan proses pembuatan tahu isi berikut ini :

Bahan :

    10 buah tahu kuning @ 4x4 cm, goreng matang, tiriskan

Bahan isi :

    100 gram daging ayam, cincang
    2 buah wortel, serut kasar memanjang
    4 lembar kol, rajang halus
    125 gram taoge, buang ekor, cuci, tiriskan
    1 batang daun bawang, rajang halus
    2 batang seledri, rajang halus

Bumbu isi :
  • 4 butir bawang merah, cincang
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • ½ buah bawang bombay, cincang
  • 15 buah cabai rawit merah, cincang
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt penyedap
Bahan Lapisan (campur rata) :
  • 125 gram tepung terigu
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • ½ sdt garam
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 200 ml air

CARA MEMBUAT TAHU ISI ENAK GURIH DAN RENYAH :
  1. Keluarkan sebagian isi tahu yang sudah digoreng dengan menyobek di salah satu sisinya. Tumis isian tahu yang dikeluarkan bersama semua bahan dan bumbu isian termasuk daging dan sayur, tiriskan.
  2. Beri isi tahu dengan bahan isian yang sudah ditumis hingga penuh. Rekatkan sisi yang disobek dengan adonan pelapis lalu celupkan tahu isi ke dalam adonan pelapis hingga rata. Goreng dengan minyak panas di atas api sedang hingga matang di kedua sisi, angkat dan tiriskan dan segera sajikan.

Pemesanan TAHU ISI SURABAYA :

Jika Anda sibuk, tak sempat membuat sendiri Tahu Isi, bisa pesan kepada kami. Sudah tentu kami senang melayani Anda.

Pemesanan minimal adalah 100 biji TAHU ISI Surabaya, dengan harga @ Rp 2.500,-. Pemesanan bisa kami layani paling lambat adalah H-2, dengan menyerahkan DP 60 % dari harga total. Pemesanan bisa bersamaan dengan kue basah surabaya yang lain dengan harga seperti pada DAFTAR HARGA KUE BASAH yang ada di blog kami ini.


Contact : Pak Taufiq | Call Only : 031-7062.7062 | SMS Only : 085631.44.665


Silahkan lihat produk kue kami yang lain disini
Related Post
MADU MONGSO
KUE ONGOL-ONGOL
Read More »

Resep Nasi Tumpeng Komplit

Resep Nasi Tumpeng Komplit

Masyarakat Indonesia sebagaian besar masih menjunjung tinggi budaya atau adat istiadat dari para leluhur mereka. Sebagai contohnya dibeberapa daerah masih diadakan acara seperti kirap, kenduri, selametan dan lainya. Pada acara tersebut menu makanan yang biasa disajikan adalah nasi kuning atau kalau tidak nasi uduk. Untuk perayaan ulang tahun biasanya juga menggunakan nasi kuning yang dibentuk kerucut atau yang biasa dikenal dengan nasi tumpeng.
Resep Nasi Tumpeng Komplit

Nasi tumpeng memiliki warna kuning yang biasanya disajikan dengan aneka lauk pauk seperti telur dadar, ayam goreng dan sambal kering. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat siapa saja doyan untuk memakanya. Cara membuat nasi tumpeng memiliki dua tahap yakni perebusan dan pengukusan. Pada proses pengaronan atau perebusan beras yang telah dicuci bersih dicampur dengan santan dan bumbu-bumbu baru setelah itu dilakukan pengukusan. Bumbu-bumbu yang digunakan juga mudah untuk didapatkan. Ketika anda sedang menghadiri acara perayaan atau ulang tahun mungkin sering memakanya. Namun taukan anda cara membuatnya? Proses pembuatanya tidaklah terlalu rumit sebenarnya, berikut ini NasiKotakSurabaya.Com akan memberikan resep cara mambuat nasi tumpeng untuk acara ulang tahun atau acara lainya:

Bahan dan Bumbu Resep Nasi Kuning Lengkap
  • Bahan utama yang digunakan adalah beras sebanyak 2 liter. Gunakan beras yang berkualitas bagus, bersih dan pulen supaya hasilnya lebih legit dan lezat.
  • Beras ketan kualitas bagus untuk campuran sebanyak kurang lebih 200 gram.
  • Daun salam yang bagus kurang lebih sebanyak 4 pcs saja. Cuci bersih sebelum dimasak dengan bahan yang lain.
  • Kunyit atau orang jawa bisanya menyebutnya kunir sepanjang kurang lebih 5 cm saja. Cuci bersih dan bakar sebentar sebelum digunakan untuk menghilangkan aroma sengir.
  • Santan kurang lebih sebanyak 1.5 liter. Gunakan santan dari perasan parutan buah kelapa supaya hasilnya lebih legit.
  • Batang serai ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs saja.
  • Buah jeruk nipis ukuran sedang besar sebanyak 4 buah saja. Potong jeruk dan peras airnya.
  • Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya (kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil atau sendok teh saja).

Cara Membuat Nasi Kuning Enak Sederhana Kukus dan Dengan Rice Cooker

Cara membuat nasi kuning ini sebenarnya sangat sederhana.
  1. Parut kunyit yang sudah dibersihkan dan campur air bersih secukupnya untuk merendam nasi kuningnya.
  2. Campur beras ketan dan beras biasa. Cuci bersih 2-3 kali untuk menghilangkan bau dan kotoran yang mungkin menempel.
  3. Masukkan campuran beras dan beras ketannya ke dalam parutan kunyit di atas yang sudah diberi tambahan air secukupnya.
  4. Aduk aduk sebentar sampai semua bahan tercampur dan rendam kurang lebih selama setengah jam supaya air kunyit meresap ke dalam berasnya.
  5. Siapkan tempat menanak nasi atau dandangnya. Hidupkan kompor dengan api sedang dan beri air secukupnya untuk mengukus nasinya. Kalau mau membuat resep nasi kuning rice cooker, beras kuning di atas bisa langsung dimasukkan ke dalam rice cookernya.
  6. Masukkan campuran beras dan beras ketannya ke dalamnya. Masak sampai setengah matang (berlaku juga buat yang pakai rice cooker).
  7. Sambil menunggu, teman teman bisa merebus santan yang sudah dipersiakan diatas dengan api kecil sedang saja.
  8. Masukkan sisa bahan yang lain (daun salam, batang serai dan garam beryodium) ke dalam rebusan santan.
  9. Aduk aduk terus pelan pelan supaya semua bahan tercampur rata dan santan tidak pecah.
  10. Setelah mendidih, api dimatikan lalu masukkan air jeruk nipis yang sudah diperas di atas. Aduk aduk kembali supaya semua bahan tercampur rata.
  11. Angkat nasi kuning setengah matangnya dari dandang. Masukkan ke dalam adonan santan di atas.
  12. Hidupkan api lagi dan aduk aduk pelan pelan sampai semua bahan tercampur rata.
  13. Ulangi sampai santan meresap semua ke dalam nasi kuningnya. (Untuk yang memakai rice cooker, santan tinggal dimasukkan dan terus diaduk aduk sampai santan meresap semua. baru kemudian rice cooker ditutup lagi).
  14. Masukkan nasi yang sudah tercampur dengan santan ke dalam kukusan atau dandangnya lagi.
  15. Hidupkan kompor dan kukus sampai nasi benar benar matang dan empuk (kurang lebih 43-48 menit).
  16. Setelah matang, teman teman bisa mencetaknya dengan cetakan tumpeng atau cetakan bentuk yang lain sesuai selera.

Bahan Pelengkap Resep Nasi Kuning Komplit
  • Kering tempe.
  • Tempe Bacem.
  • Rendang daging.
  • Telur dadar goreng yang di iris tipis tipis.
  • Kerupuk Udang (tinggal di goreng saja).
  • Bawang Goreng.
  • Irisan Buah Ketimun.
  • Perkedel kentang.
  • Telur rebus dipotong potong.
  • Sambal.

Demikianlah tadi resep dan cara membuat nasi tumpeng, memang prosesnya agak panjang namun tidaklah terlalu rumit. Saya yakin ibu-ibu dirumah bisa membuatnya.

tapi apabilah anda sekalian memerlukan/ingin merasakan nikmatnya nasi tumpeng, sekedar untuk makan bersama keluarga tercinta, atau sedang ada acara tasyakuran, namun anda tidak ada waktu untuk membuatnya, anda bisa menghubungi NasiKotakSurabaya.Com dan memesan Nasi Tumpeng disini!! untuk lebih jelasnya silahkan klik link ini Nasi Tumpeng Surabaya
Thanks untuk kunjungannya

Read More »

Resep dan Cara Membuat Kue Perut Ayam

Resep dan Cara Membuat Kue Perut Ayam


Resep dan Cara Membuat Kue Perut Ayam
NasiKotakSurabaya.Com
Perut ayam adalah salah satu kue tradisional yang berbentuk melingkar-lingkar. Kali ini perut ayam dicampur dengan pisang ambon dan potongan nangka. Rasa dan aroma kue ini menjadi lebih nikmat dengan rasa yang lebih istimewa. Sajikan dengan taburan gula tepung.

Kue yang unik ini bernama kue Perut Ayam, karena memang bentuknya seperti isi dari perut ayam.

bila anda orang jawa pasti mengenal kue yang satu ini,kue perut ayam namanya,kue yang biasanya di jual di pasar tradisonal ini memang favorit jaman nenek saya dulu ini,tapi kini jadi trend lagi,bentuk dan rasanya yang unik membuat kue perut ayam ini disukai lagi.berikut cara membuatnya;

Bahan Kue Perut Ayam :
  • 2 butir telur.
  • 250 gram tepung terigu.
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk.
  • 1/2 sendok teh baking powder.
  • 80 gram gula pasir.
  • 50 ml air kelapa.
  • Minyak untuk menggoreng.
  • 1/2 sendok teh ragi instant.

Cara membuat Resep Kue Perut Ayam :
  1. Campur tepung terigu, vanili bubuk, gula pasir, baking powder dan ragi instant , lalu aduk rata.
  2. Masukkan telur dan air kelapa, lalu aduk hingga menjadi adonan yang kental, istirahatkan selama 30 menit.
  3. Siapkan kantung plastik hias atau segitiga , lalu isi dengan adonan secukupnya dan lubangi secukupnya.
  4. Panaskan minyak, semprotkan adonan buat melingkari bentuk seperti obet nyamuk, goreng hingga berwarna coklat keemasan, lalu angkat.

Pemesanan KUE PERUT AYAM SURABAYA :

Jika Anda sibuk, tak sempat membuat sendiri Kue Perut Ayam | Kue Perut Ayam Surabaya, bisa pesan kepada kami. Sudah tentu kami senang melayani Anda.

Pemesanan minimal adalah 100 biji Kue Perut Ayam Surabaya, dengan harga @ Rp 2.500,-. Pemesanan bisa kami layani paling lambat adalah H-2, dengan menyerahkan DP 60 % dari harga total. Pemesanan bisa bersamaan dengan kue basah surabaya yang lain dengan harga seperti pada DAFTAR HARGA KUE BASAH yang ada di blog kami ini.


Contact : Pak Taufiq | Call Only : 031-7062.7062 | SMS Only : 085631.44.665

Silahkan lihat produk kue kami yang lain disini
Related Post
KUE OTE OTE
PASTEL ROGHUT
Read More »

Resep dan Cara Membuat Kue Apem Selong


Resep dan Cara Membuat Kue Apem Selong

Resep dan Cara Membuat Kue Apem SelongKue apem merupakan kue tradisional terutama didaerah Jawa yang sering dibuat untuk acara-acara khusus sebagai hidangan untuk tamu. Kue ini juga cukup beragam jenisnya contohnya seperti apem panggang, apem kukus dan satu lagi yang tidak kalah populernya adalah apa yang disebut-sebut sebagai apem selong, yang tentunya bagi masyarakat Jawa tidak terlalu asing dengannya.

Seperti jenis apem lainnya, apem selong juga berbentuk bundar, namun ada ciri khas dari apem ini jika dibandingkan dengan lainnya yaitu pada bagian tepi dari kue ini ada seperti kulit kering yang mengelilingi apem selong sehingga juga terlihat sangat menarik dan juga unik. 

Ada beberapa yang memiliki anggapan jika apem selong merupakan hasil perpaduan budaya kuliner Asia Selatan seperti India dan Sri Lanka, karena apem ini ada juga yang menyebutnya sebagai apem ceylon. Konon kabarnya jika Ceylon sendiri adalah sebuah nama untuk Sri Lanka hingga tahun 1972, sedangkan diwilayah tersebut juga terdapat sebuah kue yang bernama Appam, sehingga kue tersebut disebut sebagai "Appam from Ceylon", namun mungkin orang Jawa agak susah mengejanya sehingga menjadi Apem Selong.

Namun sayangnya untuk informasi diatas tentang asal-usul Apem Selong hanya saya dapat sekedar rumor saja, sehingga untuk kebenarannya saya sendiri juga tidak mengetahuinya secara pasti, selain itu blog ini juga tidak menemukan informasi yang akurat tentang hal tersebut. Namun yang pasti kue ini sudah dikenal masyarakat Jawa sejak dahulu kala dan menjadi tradisi kuliner secara turun-temurun yang patut untuk kita lestarikan.

Ok ibu ibu, mari kita langsung saja ke-TKP, langsung masuk ke pembahasan pokok utama kita :-D
Bahan Membuat Kue Apem Selong :
  • 1/2 kg tepung beras
  • 300 gr gula pasir
  • 11 gr ragi instan
  • 1000 ml santan dari 1 btr kelapa uk besar
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk

Cara membuat :
  1. Siapkan baskom bersih, campur rata tepung dan garam
  2. Aduk ragi instan dengan 50 ml air hangat hingga larut dan ketal, kemudian masukkan kedalam campurn tepung dan gula, aduk rata sambil dituangi separuh santan, sambil diteplok-teplok adonan dengan spiral whisk kurang lebih 15 menit
  3. Kemudian tambahkan sisa santan, garam dan vanili aduk-aduk memutar hingga rata
  4. Diamkan kurang lebih 2-3 jam dengan ditutup serbet/plastik hingga timbul gelembung-gelembung busa.
  5. Panaskan cetakan apem selong, tuang satu sendok sayur adonan kemudian tekan dengan punggung sendok sayur hingga adonan naik dan ketika sendok sayur diangkat akan meninggalkan pinggiran yang cantik di sekeliling wajan cetakan dan tutup.
  6. Angkat, dinginkan, kemudian langsung masukkan plastik kemasan
  7. Hasil jadi kurang lebih 25 bj

Catatan :
  • Untuk menghasilkan apem yang berserat bagus, gunakan ragi yang masih bagus kondisinya dan gerakan spiral whisk yang naik turun agak lama.
  • Agar apem yang dihasilkan putih cantik, selalu gunakan gula kastor yang berwarna putih, serta santan dari kelapa yang dikupas bersih kulitnya sebelum diparut
  • Masukkan plastik pembungkus segera begitu apem selong sudah dingin, dan pinggiran masih keras agar mempermudah kerja kita
  • Sebaiknya gunakan santan yang sudah dididihkan dan mencampurkannya dalam kondisi hangat agar apem tahan lama tanpa bahan pengawet, kemarin percobaan saya buat hari minggu siang sampai selasa pagi masih oke, empuk dan tidak basi selama masih dalam kemasan
itu tadi yang bisa NasiKotakSurabaya.Com sampaikan mengenai resep dan cara membuat kue basa apem selong. Gimana?? mudah bukan?? yang penting ada kemauan dan ada waktu, insya Allah mudah untuk membuat kue apem selong dan bisa di nikmati secara santai bersama keluarga tercinta. :-D

Namun Jika Anda sibuk dan tak sempat membuat sendiri Kue Apem Selong, anda bisa pesan kepada kami (NasiKotakSurabaya.Com). Sudah tentu kami senang melayani Anda.

Pemesanan minimal adalah 100 biji Kue Cantik Manis Surabaya, dengan harga @ Rp 2.500,-. Pemesanan bisa kami layani paling lambat adalah H-2, dengan menyerahkan DP 60 % dari harga total. Pemesanan bisa bersamaan dengan kue basah surabaya yang lain dengan harga seperti pada DAFTAR HARGA KUE BASAH yang ada di blog kami ini.


Contact : Pak Taufiq | Call Only : 031-7062.7062 | SMS Only : 085631.44.665

Silahkan lihat produk kue kami yang lain disini


Related Post
KUE CANTIK MANIS
KUE APEM MANIS
Read More »

Resep Nasi Tumpeng Surabaya

Resep Nasi Tumpeng Surabaya

Masyarakat Indonesia sebagaian besar masih menjunjung tinggi budaya atau adat istiadat dari para leluhur mereka. Sebagai contohnya dibeberapa daerah masih diadakan acara seperti kirap, kenduri, selametan dan lainya. Pada acara tersebut menu makanan yang biasa disajikan adalah nasi kuning atau kalau tidak nasi uduk. Untuk perayaan ulang tahun biasanya juga menggunakan nasi kuning yang dibentuk kerucut atau yang biasa dikenal dengan nasi tumpeng.

Resep Nasi Tumpeng Surabaya
Nasi tumpeng memiliki warna kuning yang biasanya disajikan dengan aneka lauk pauk seperti telur dadar, ayam goreng dan sambal kering. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat siapa saja doyan untuk memakanya. Cara membuat nasi tumpeng memiliki dua tahap yakni perebusan dan pengukusan. Pada proses pengaronan atau perebusan beras yang telah dicuci bersih dicampur dengan santan dan bumbu-bumbu baru setelah itu dilakukan pengukusan. Bumbu-bumbu yang digunakan juga mudah untuk didapatkan. Ketika anda sedang menghadiri acara perayaan atau ulang tahun mungkin sering memakanya. Namun taukan anda cara membuatnya? Proses pembuatanya tidaklah terlalu rumit sebenarnya, berikut ini NasiKotakSurabaya.Com akan memberikan resep cara mambuat nasi tumpeng untuk acara ulang tahun atau acara lainya:

Bahan dan Bumbu Resep Nasi Kuning Lengkap
  • Bahan utama yang digunakan adalah beras sebanyak 2 liter. Gunakan beras yang berkualitas bagus, bersih dan pulen supaya hasilnya lebih legit dan lezat.
  • Beras ketan kualitas bagus untuk campuran sebanyak kurang lebih 200 gram.
  • Daun salam yang bagus kurang lebih sebanyak 4 pcs saja. Cuci bersih sebelum dimasak dengan bahan yang lain.
  • Kunyit atau orang jawa bisanya menyebutnya kunir sepanjang kurang lebih 5 cm saja. Cuci bersih dan bakar sebentar sebelum digunakan untuk menghilangkan aroma sengir.
  • Santan kurang lebih sebanyak 1.5 liter. Gunakan santan dari perasan parutan buah kelapa supaya hasilnya lebih legit.
  • Batang serai ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs saja.
  • Buah jeruk nipis ukuran sedang besar sebanyak 4 buah saja. Potong jeruk dan peras airnya.
  • Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya (kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil atau sendok teh saja).

Cara Membuat Nasi Kuning Enak Sederhana Kukus dan Dengan Rice Cooker

Cara membuat nasi kuning ini sebenarnya sangat sederhana.
  1. Parut kunyit yang sudah dibersihkan dan campur air bersih secukupnya untuk merendam nasi kuningnya.
  2. Campur beras ketan dan beras biasa. Cuci bersih 2-3 kali untuk menghilangkan bau dan kotoran yang mungkin menempel.
  3. Masukkan campuran beras dan beras ketannya ke dalam parutan kunyit di atas yang sudah diberi tambahan air secukupnya.
  4. Aduk aduk sebentar sampai semua bahan tercampur dan rendam kurang lebih selama setengah jam supaya air kunyit meresap ke dalam berasnya.
  5. Siapkan tempat menanak nasi atau dandangnya. Hidupkan kompor dengan api sedang dan beri air secukupnya untuk mengukus nasinya. Kalau mau membuat resep nasi kuning rice cooker, beras kuning di atas bisa langsung dimasukkan ke dalam rice cookernya.
  6. Masukkan campuran beras dan beras ketannya ke dalamnya. Masak sampai setengah matang (berlaku juga buat yang pakai rice cooker).
  7. Sambil menunggu, teman teman bisa merebus santan yang sudah dipersiakan diatas dengan api kecil sedang saja.
  8. Masukkan sisa bahan yang lain (daun salam, batang serai dan garam beryodium) ke dalam rebusan santan.
  9. Aduk aduk terus pelan pelan supaya semua bahan tercampur rata dan santan tidak pecah.
  10. Setelah mendidih, api dimatikan lalu masukkan air jeruk nipis yang sudah diperas di atas. Aduk aduk kembali supaya semua bahan tercampur rata.
  11. Angkat nasi kuning setengah matangnya dari dandang. Masukkan ke dalam adonan santan di atas.
  12. Hidupkan api lagi dan aduk aduk pelan pelan sampai semua bahan tercampur rata.
  13. Ulangi sampai santan meresap semua ke dalam nasi kuningnya. (Untuk yang memakai rice cooker, santan tinggal dimasukkan dan terus diaduk aduk sampai santan meresap semua. baru kemudian rice cooker ditutup lagi).
  14. Masukkan nasi yang sudah tercampur dengan santan ke dalam kukusan atau dandangnya lagi.
  15. Hidupkan kompor dan kukus sampai nasi benar benar matang dan empuk (kurang lebih 43-48 menit).
  16. Setelah matang, teman teman bisa mencetaknya dengan cetakan tumpeng atau cetakan bentuk yang lain sesuai selera.

Bahan Pelengkap Resep Nasi Kuning Komplit
  • Kering tempe.
  • Tempe Bacem.
  • Rendang daging.
  • Telur dadar goreng yang di iris tipis tipis.
  • Kerupuk Udang (tinggal di goreng saja).
  • Bawang Goreng.
  • Irisan Buah Ketimun.
  • Perkedel kentang.
  • Telur rebus dipotong potong.
  • Sambal.

Demikianlah tadi resep dan cara membuat nasi tumpeng, memang prosesnya agak panjang namun tidaklah terlalu rumit. Saya yakin ibu-ibu dirumah bisa membuatnya.

tapi apabilah anda sekalian memerlukan/ingin merasakan nikmatnya nasi tumpeng, sekedar untuk makan bersama keluarga tercinta, atau sedang ada acara tasyakuran, namun anda tidak ada waktu untuk membuatnya, anda bisa menghubungi NasiKotakSurabaya.Com dan memesan Nasi Tumpeng disini!! untuk lebih jelasnya silahkan klik link ini Nasi Tumpeng Surabaya
Thanks untuk kunjungannya

Read More »

Katering Prasmanan Pernikahan Surabaya

Katering Prasmanan Pernikahan Surabaya

 Katering Prasmanan Pernikahan Surabaya
 Katering Prasmanan Pernikahan Surabaya


Katering Prasmanan Pernikahan Surabaya | Nasi Kotak Surabaya | 0821 390 63541

Catering Prasmanan Pernikahan atau buffet (dibaca "buffé") adalah cara penyajian makanan dalam pesta maupun restoran dengan meletakkan makanan pada meja panjang dan pengunjung mengambil sendiri menu yang diinginkan.

Modifikasi Katering Prasmanan Pernikahan Surabaya pada masa kini adalah dengan menyajikan makanan pada meja terpisah untuk setiap menu. Meja ini dapat pula didekorasi sehingga berbentu depot (misalnya berupa gubug kecil).

Prasmanan biasanya lebih banyak disajikan pada pesta pernikahan, ataupun pesta tasyakuran, bagi anda yang tidak mau repot dengan segala pernak pernik, menu masakannya, ataupun cara masaknya, bisa langsung menghubungi Customer Care Nasi Kotak Surabaya di 0821 390 63541 untuk mendapatkan pelayanan Katering Prasmanan Pernikahan

Menu Katering Prasmanan Pernikahan Surabaya meliputi berbagai macam masakan, mulai dari prasmanan ayam goreng, prasmanan ayam bakar, prasmanan masakan sate, prasmanan udang goreng, prasmanan udang tepung, prasmanan masakan daging, prasmanan soto, prasmanan masakan rawon, prasmanan tahu dan tempe bacem, prasmanan nasi tumpeng, prasmanan masakan sop, prasmanan masakan bakso, prasmanan  daging bakar, prasmanan capcay, prasmanan nasi goreng, dan masakan prasmanan yang lainnya, semua tergantung selera dan kehendak Anda.

Jadi, Nasi Kotak Surabaya adalah pilihan tepat bagi anda yang ingin menyelenggarakan pesta tasyakuran dengan model Catering Prasmanan, tak perlu repot dan para tamu pun terlayani dengan baik.

Hubungi segera Customer Care kami di 0821 390 63541 untuk mendapatkan layanan Catering Prasmanan Anda. .

Nasi Kotak Surabaya | 0821 390 63541

Related Post
Daftar Harga Jajan Pasar
Daftar Harga Nasi Kotak
Read More »