CARA MEMBUAT URAP SAYURAN


CARA MEMBUAT URAP SAYURAN
CARA MEMBUAT URAP SAYURAN

Bahan
  • 200 gr buncis, potong-potong
  • 2 buah wortel, potong-potong
  • 150 gr taoge, seduh air panas
  • 150 gr bayam>bisa ditambah ato diganti sayuran laen suka-suka
  • 3 daun jeruk, sobek-sobek
  • 200 gr kelapa parut kering
  • 100 ml air atau secukupnya
  • 1 sdt gula merah sisir
  • 11/2 sdt garam atau secukupnya
  • 1/2 - 1sdt gula pasir
  • minyak untuk menumis

Bumbu halus
  • 1/3 sdt kunyit bubuk
  • 1/2 sdt terasi matang(digoreng atau dibakar)
  • 1 buah shallot ukuran besar (6 bawang merah)
  • 3 bawang putih
  • 2 cabai merah besar

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus bersama daun jeruk hingga harum. Masukkan kelapa parut, aduk hingga rata. Masukkan air, garam, gula jawa dan gula pasir, aduk kemudian masak hingga air meresap dan kelapa agak empuk. Tambahkan air jika perlu.
2. Cicipi dan koreksi rasa, angkat. Urap tidak terlalu basah juga tidak kering
Sayuran: Rebus di dalam air yang diberi sedikit garam hingga matang. Tiriskan
untuk bayam: didihkan air, matikan api kemudian celupkan bayam sebentar lalu segera tiriskan
Penyajian: campurkan smua sayuran dan bumbu urap. Aduk rata, sajikan.

Note:
- Mulai dari sedikit aja kasi gula-garemnya, cicipi dulu baru dipaskan dengan ditambah kalo kurang. Terus ulangi cicip dan koreksi rasanya sampai dengan pas rasa dengan selera. Terus terang, saya kadang mpe 5 kali bolak-balik cicip-koreksi baru paaas nendangnya, hihi. Yup, begitulah untuk semua masakan ;)
- Untuk hampir semua masakan saya emang selalu pake gula pasir.. bikin gurih alami, gak perlu pake msg. Cobain deh..
- Takaran sayuran di resep ini kira-kira yah, ga pernah ukur dulu pake timbangan soalnya..

Selamat Memasak!. .
Semoga artikel CARA MEMBUAT URAP SAYURAN dari NASI KOTAK SURABAYA dapat bermanfaat untuk kalian semua.

---------------------
Jika kalian membutuhkan pelayanan Nasi Kotak, Nasi Bungkus, untuk event dan Acara apapun, baik pernikahan, sunatan, dan sebagainya, silahkan langsung kontak Costumer Service kami.
Terima kasih

Arsip Blog

ASAL PENGUNJUNG