CARA MEMBUAT NASI UDUK BETAWI



CARA MEMBUAT NASI UDUK BETAWI
CARA MEMBUAT NASI UDUK BETAWI

Bahan
  • 1 kg beras, cuci bersih
  • 4 daun salam
  • air secukupnya untuk menanak nasi
  • 2 sdm garam
  • 1 pak santan instan Kara (200 ml santan kental)
  • 2 batang sereh, memarkan

Cara membuat:
Campurkan semua bahan di atas dalam rice cooker, aduk rata. Nyalakan rice cooker. Begitu matang, aduk rata kemudian tutup lagi dan biarkan 10-15 menit dalam ricecooker opsi 'warm' hingga tanak.

Siap disajikan bersama pelengkapnya

Untuk temennya nasi uduk saya buat ayam goreng ungkep bumbu kuning. Abis diungkep ga usah digoreng juga enak lhoh. Bumbunya berasa banget, kak Aisyah malah doyannya yang begini. Kalo kata ayah rasanya udah mirip sama ayam Lengket yang di Klender. Nhah, kalo mo persis kaya ayam lengket yang di Klender itu gorengnya harus dengan minyak banyak dan sebentar saja ya. Yang penting kena minyak panas trus langsung diangkat.. Nhah saya sendiri jarang nggoreng model begitu..sayang minyak, hihi.. Biasanya saya goreng pake wajan datar dan minyaknya ga terlalu banyak. Asal udah kecoklatan, balik bentar trus diangkat.. dengan cara ini ayamnya juga ga rentan kering dan ga gampang alot/keras setelah dingin

Ayam Goreng Bumbu Kuning
Bahan
  • 2 lembar daun salam
  • minyak untuk menumis
  • 1 ekor ayam, potong-potong
  • 1 batang sereh, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan (kemarin pas ga pake)
  • 250 ml air

Bumbu halus
  • 1 sdt ketumbar
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 sdt garam
  • 6 bawang merah
  • 5 bawang puth
  • 1/2 sdt kunyit bubuk

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus besama sereh, lengkuas dan daun salam hingga wangi
2. Masukkan potongan ayam, bolak balik hingga berubah warna. Tambahkan air. Tutup wajan dan didihkan. Masak ayam dengan api kecil-sedang hingga bumbu meresap dan air menyusut (saya sekitar 40-45 menit). Angkat
3. Goreng ayam dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan

Untuk mie gorengnya masih dengan resep yang pernah saya posting disini. Kalo telur dadar rawisnya mah biasaa yah, cemplang cemplung dowang, hehe... Sambel kacang juga sih. Jadi sebenernya resep berikut adalah resep kira-kira :D
Yang penting mah diicip-icip saja yah, sesuaikan dengan selera buibu masing-masing :)

Sambal Kacang

Bahan
  • 1 sdm gula pasir atau sesuai selera
  • 1 sdt garam atau sesuai selera
  • perasan jeruk lemon secukupnya (bisa diganti cuka atau nipis)
  • air hangat secukupnya
  • 150 gr kacang tanah goreng, haluskan
  • 2 bawang putih, rebus
  • 2 cabai merah, rebus (tambahkan jika suka pedas)

Cara membuat:
Haluskan bawang putih dan cabai merah, campurkan dengan kacang tanah. Tuangi air hangat secukupnya hingga tingkat kekentalan yang diinginkan. Tambahkan gula garam dan perasan jeruk koreksi rasa. Sajikan

Selamat Memasak!. .
Semoga artikel CARA MEMBUAT NASI UDUK BETAWI dari NASI KOTAK SURABAYA dapat bermanfaat untuk kalian semua.

---------------------
Jika kalian membutuhkan pelayanan Nasi Kotak, Nasi Bungkus, untuk event dan Acara apapun, baik pernikahan, sunatan, dan sebagainya, silahkan langsung kontak Costumer Service kami.
Terima kasih

ASAL PENGUNJUNG